Teknik Layanan Jasa
Nama : Siti Nurjanah
Kelas : XII-B TKJ
Sekolah : SMK GUNA DHARMA NUSANTARA CICALENGKA
TEKNIK LAYANAN JASA
Strategi Marketing untuk Bisnis Jasa atau Pelayanan
Strategi marketing memiliki peranan penting dalam menjalankan bisnis jasa. Strategi marketing yang sudah dipersiapkan dengan matang maka akan memudahkan dalam mempromosikan jasa kepada calon pelanggan serta dapat memenuhi kebutuhan konsumen.
• Strategi marketing adalah usaha untuk mengarahkan dan menciptakan suatu standar tertentu dalam kehidupan masyarakat.
Bisnis jasa lebih cenderung memberikan pelayanan kepada konsumen dengan berhubungan langsung, oleh karena itu bisnis jasa mengukur keberhasilan strategi pemasaran dengan tingkat kepuasan yang diperoleh konsumen.
Jadi, strategi marketing untuk bisnis jasa adalah usaha dalam memberikan layanan kepada konsumen
Tujuan Strategi Marketing
• Supaya konsumen dapat mengetahui jasa yang ditawarkan secara rinci.
• Mengenalkan jasa kepada calon pelanggan dengan cara dan langkah yang cocok dan tepat.
• Strategi marketing digunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditargetkan oleh perusahaan.
Strategi marketing :
1. Memberikan Pelayanan secara efisien. Dengan memberikan pelayanan yang cepat dan tepat sesuai dengan harapan konsumen, secara tidak langsung mampu mempengaruhi konsumen untuk kembali lagi menggunakan jasa yang kita tawarkan. Karena umumnya konsumen tidak suka jika menunggu terlalu lama pelayanan yang mereka harapkan.
2. Dalam menjalankan pemasaran jasa, adanya peran karyawan yang menangani konsumen dengan baik merupakan daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Karena kinerja karyawan menentukan citra perusahaan jasa.
3. Di sisi lain, tinggi rendahnya harga yang ditawarkan pelaku bisnis jasa sebaiknya disesuaikan dengan besar kecilnya manfaat yang didapatkan konsumen dari produk jasa yang kita tawarkan. Semakin besar manfaat atau nilai yang dirasakan konsumen, semakin tinggi pula biaya yang harus dikeluarkan konsumen.
4. Menggunakan perkembangan teknologi serta inovasi untuk menghasilkan produk jasa yang mampu memberikan solusi terbaik bagi para konsumen. Karena semakin canggih teknologi yang digunakan, semakin cepat pula pelayanan yang diberikan untuk konsumen.
5. Menyesuaikan budaya yang berkembang pada saat ini. Karena peluang pasar bisnis pasar jasa juga dipengaruhi dengan budaya yang berkembang saat ini.
Referensi:
http://jamkridabanten.co.id/strategi-marketing-untuk-bisnis-jasa-atau-pelayanan/
Komentar
Posting Komentar